Tempat wisata ini dinamai dengan wisata Kedung Pedut yang merupakan salah satu andalan dari Kulon Progo. Panorama lembah, jeram dan riam dengan airnya yang bak lukisan. Para wisatawan yang mengunjungi wisata tersebut tergoda untuk langsung berendam di sungai tersebut.

Riam yang mempunyai tinggi sekitar satu setengah meter tersebut satu dari banyak riam yang berada di tempat wisata air terjun yang diberi nama Kedung Pedut. Di lokasi tersebut banyak terdapat bertumpuk-tumpuk baru kapur yang memiliki ukuran yang besar melebihi binatang kerbau pada tiap batunya. Air yang berlimpah mengalir sangat deras dari berbagai sela bebatuan yang turun kebawah akan menciptakan sebuah kolam yang lebar. Dibagian atas riam tersebut terdapat sebuah jembatan dari bambu dengan lebar satu meter untuk para wisatawan melintas dari satu tebing ke tebing lainnya.

Keindahan Air Terjun Kedung Pedut Dua Warna

Air Terjun Kedung Pedut ini dapat menarik perhatian berbagai wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut. Anda juga dapat melihat perpaduan warna antara biru dengan tosca di Air Terjun Kedung Pedut ini. Air Terjun ini mempunyai dua warna air yang berasal dari bebatuan yang ada disekitarnya. Dimana warna putih tersebut di kolam jatuhnya air sera berwarna hijau tosca yang berada pada bagian bawah kolam. Sedangkan bagian warna hijau tosca terjadi karena adanya endapan tanah serta bebatuan kapur yang ada pada air terjun ini.

Rupanya air terjun tersebut sudah mempunyai kurang lebih 4 buah kolam dan berfungsi untuk bermain air serta pemandian. Bahan pada setiap masing-masing kolam terdapat kedalaman yang berbeda-beda. Anda juga dapat bersantai menimati keindahan di bamboo yang sudah disediakan pada area tebing yangtelah dibuat untuk melepas lelah. Jangan lupa mengabadikan moment tersebut dengan berfoto di background air terjun.

Masing-masing kolam tersebut juga mempunyai nama sendiri-sendiri dan nama Kedung Pedut merupakan sebuah kolam yang mempunyai ukuran yang paling besar sehingga dijadikan sebagai nama objek wisata tersebut. Air yang mengisi beberapa kolam yang ada di kawasan tersebut berasal dari Kedung Pedut. Dari kejauhan air terjun tersebut bertumpuk-tumpuk berwarna tosca.

Mandi di area pancuran dari tujuh sumber mata air akan memberikan sebuah sensasi tersendiri. Kawasan wisata tersebut masih alami serta bebas dari berbagai kandungan kaporit maka dapat dipastikan bahwa tidak akan membuat kulit anda kering atau mata pedih meskipun berendam berlama-lama.

Wisata Air Terjun Kedung Pedut ini merupakan sebuah tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasan ini sangat indah dan bisa memberikan sebuah sensasi yang berbeda dari tempat lainnya. Wisata air terjun ini mempunyai pesona keindahan yang luar biasa menarik dan sayang jika dilewatkan. Tempat wisata ini sangat cocok digunakan untuk mengisi liburan anda dengan keindahan wisata yang mempesona dilengkapi dengan keindahan pemandangan alam.

Fasilitas Air Terjun Kedung Pedut

Di kawasan wisata Air Terjun Kedung Pedut ini juga sudah tersedia berbagai fasilitas untuk para pengunjung, diantaranya yaitu :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Tempat Istirahat
  • Gardu pandang
  • Warung makan

Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut

Bagi para wisatawan dapat menikmati keindahan dari air terjun ini hanya dengan membayar Rp. 5.000/orang jika membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir Rp. 3.000.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut ini berada di sebuah kawasan Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.