Kota Temanggung merupakan sebuah kota yang mempunya 2 gunung cantik, yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Biasanya para masyarakat setempat menyebutnya dengan Gunung Kembar. Hal tersebut mungkin karena dilihat sekilat kedua gunung ini sejajar dan mempunyai ketinggian hampir sama. Namun, jika dilihat dari dekat, kedua gunung tersebut sangat berbeda. Dari bentuknya, jika Gunung Sindoro berbentuk kerucut sedangkan Gunung Sumbing lebih lebar. Dari puncak kedua gunung tersebut juga sangat berbeda. Gunung Sumbing puncaknya terdapat kawah yang menandakan bahwa gunung tersebut pernah meletus. Sedangkan Gunung Sindoro berbentuk kerucut seperti Gunung Merapi. Di kawasan tersebut juga terdapat Lembah Posong yang menjadi salah satu objek di kawasan Gunung Sindoro.

Banyak para pengunjung yang datang dari jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan alamnya dan kesejukan udara di kawasan lebah tersebut. Sebenarnya tempat wisata ini merupakan sebuah tempat yang mengusung tema sunrise.

Pesona Lembah Posong

Berbicara mengenai Posong mungkin banyak yang belum tau arti dari nama tersebut. Posong merupakan pos kosong. Mengutip pada halaman blog Posong Temanggung dijelaskan bahwa dulu ketika jaman Belanda pasukan Diponegoro bersembunyi di pos lereng gunung yang diberi nama pos. Namun akhirnya keberadaan tersebut diketahui oleh pasukan Belanda. Dan pasukan tersebut memutuskan untuk menyerang pos tersebut. Namun, pasukan Diponegoro telah mengetahu mengenai penyerangan tersebut dan akhirnya mereka kabur meninggalkan pos tersebut.

Jika di bawah para pengunjung dapat melihat kegagahan dari Gunung Sumbing, sedangkan jika di atas para pengunjung dapat melihat kegagahan dari Gunung Sindoro. Dengan berkunjung ke wisata Posong ini anda seolah-olah berada di tengah-tengah gunung Sindoro dan Sumbing. Dari area parkir para pengunjung juga dapat meneruskan perjalanan ke atas. Di atas juga sudah tersedia beberapa gazebo yang sangat nyaman sebagai tempat untuk peristirahatan.

Jika anda mengunjungi lokasi ini anda mempunyai batas kunjungan yaitu sampai pukul 17.00 WIB. Banyak para pengunjung yang datang lebih awal untuk dapat menikmati keindahan matahari terbit. Dilihat dari namanya sudah jelas jika wisata ini berupa pemandangan matahari terbit.

Dua Gunung yang Jadi Pemandangan Andalan

Lokasinya yang berada di lereng gunung membuat tempat wisata ini mempunyai udara yang sangat segar dan sejuk. Belum ditambah dengan hamparan perkebunan masyarakat yang semakin menambah kecantikan dari kawasan tersebut. Di beberapa sudut terdapat spot foto yang berlatar belakang pegunungan yang indah. Salah satunya yaitu gardu pandang sebagai tempat yang dapat dijadikan untuk menikmati keindahan panaroma dari Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Menuju Lembah Sindoro

Meskipu papan penunjuk arh untuk menuju lokasi cukup jarang, namun kamu tidak perlu khawatir. Karena letaknya yang berada di dekat pemukiman dengan akses jalan yang nyaman meski masih berupa berbatuan yang tersusun dengan rapi. Baik mobil atau motor dapat digunakan untuk menuju ke tempat wisata tersebut.

Fasilitas Di Lembah Posong

  • Mushola
  • Toilet
  • Outbond
  • Trekker

Selain disediakan fasilitas umum diatas, wisata ini juga disediakan paker wisata menarik berupa turun tebing, trekking, flyingfox, jembatan Aldewis, paket wisata budaya dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Wisata Lembah Posong Sindoro

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan wisata Lembah Posong, akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 7.000/orang dan biaya parkir geratis.

Lokasi Wisata Lembah Posong Sindoro

Wisata Lembah Posong Sindoro berada di Jl. Parakan-Wonosobo Km. 09, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.