Dieng bukan hanya sekedar sebuah pegunungan yang memiliki keindahan dengan rimbunan berbagai pepohonan dan ladang yang terhampar luas. Meski letaknya yang beada di pegunungan, Dieng mempunyai pesona alam yang tidak pernah disangka. Dimana Dieng memiliki kawah vulkanik yang saat ini masih aktif. Kawah ini tidak berada di dalam satu kawasan, namun 3 lokasi. Wisata kawah Dieng ini masuk dalam daftar objek wisata yang ada di Dieng Wonosobo yang wajib dikunjungi. Meskipun letaknya yang berada di Banjarnegara, namun semua orang mengenalnya dengan Kawah Dieng Wonosobo. Kawah Dieng yang hingga saat ini masih aktif yaitu Kawah Sikidang Dieng, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri.

Kawah Sikidang ini benar-benar memanjakan mata. Kamu dapat menikmati berbagai pemandangan dengan kawah utama yang ada di sana. Setiap kawah aman karena sudah terdapat pembatas pagar. Namun untuk mengindari terlalu banyak menghirup gas di kawah anda harus menggunakan masker.

Kawah Sikidang Dieng

Wisata Kawah Sikidang ini merupakan sebuah tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari biasa dan juga pada saat liburan. Tempat ini memiliki keindahan alam dan dapat memberikan sensasi tersendiri berbeda dengan aktivitas sehari-hari.

Wisata ini mempunyai keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada di kawasan banjarnegara ini tidak mengunjungi tempat wisata sejarah yang memiliki keindahan tiada duanya.

Wisata Kawah Sikidang Dieng ini sanagat cocok digunakan untuk mengisi liburan anda, apalagi saat liburan. Keindahan wisata ini sangat baik bagi semua kalangan yang berada di dekat atau jauh untuk merapat berkunjung ke kawasan tersebut.

Daya Tarik Kawah Sikidang Dieng

Wisata Kawah Sikidang Dieng ini merupakan sebuah tempat yang harus anda kunjungi karena keindahan pesona alamnya yang tiada duanya. Penduduk lokal daerah batur juga ramah tamah dengan para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kota Banjarnegara dikenal dengan keindahan tempat wisatanya, salah satunya yaitu wisata Kawah Sikidang Dieng tersebut. Wisata ini termasuk salah satu tempat wisata unggulan Dieng yang wajib untuk dikunjungi. Diantara beberapa kawah lainnya, kawah ini merupakan kawah yang paling mudah dicapat dan dinikmati keindahannya karena berada di tanah yang datar.

Kawah ini juga dikenal dengan fenomenal kolam kawahnya yang dapat berpindah atau melompat di dalam satu kawasan yang begitu luas. Itulah sebabnya kawah tersebut menjadi salah satu dari banyak kawah di dataran tinggi Dieng yang paling indah untuk diminati.

Kawah Sikidang ini berada di tanah datar sehingga para pengunjung dapat leluasa untuk melihat lumpur panas yang meletup dan berbagai gas atau asap berwarna putih pekat mengempul di udara. Fenomena alam tersebut benar-benar menarik perhatian bagi para pengunjung.

Kawah ini terbentuk dari letusan gunung berapi dalam dataran tinggi Dieng yang bertahun-tahun silam. Sampai saat ini kawah tersebut masih aktif.

Fasilitas di Kawah Sikidang Dieng

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Penginapan

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng

Untuk dapat memasuki kawasan ini para pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 bagi para wisatawan domestik dan Rp. 25.000 bagu para wisatawan asing. Jika anda tidak melewati Candi Arjuna maka hanya membayar Rp. 7.500 untuk turis domestik dan Rp. 15.000 untuk turis asing. Wisata ini buka mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

Lokasi Kawah Sikidang Dieng

Wisata Kawah Sikidang Dieng berada di desa Bakul, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.