Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang dikenal dengan potensi wisatanya, mulai dari sejarah, budaya, hingga alam. Solo, Semarang dan Magelang merupakan kota yang menjadi pusat perhatian para wisatawan. Namun tidak hanya beberapa kota tersebut yang memiliki potensi keindahan wisata, namun juga kabupaten Banyumas yang merupakan daerah banyak potensi tempat wisata. Salah satunya yaitu wisata Baturraden.

Nama Baturraden sendiri diambil dari legenda sepasang kekasih yang memiliki nasib sial yaitu seorang laki-laki pelayar yang bernama Batur dan seorang wanita bangsawan yang bernama Raden. Sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan Baturraden atau Batu Raden.

Wisata Baturraden Yang Eksotis

Menariknya anda dapat menyaksikan berbagai keindahan kota Purwokerto dari ketinggian kawasan Baturraden. Selain itu, para pengunjung juga dapat menyaksikan Pulau Nusa Kambangan dan pantai yang indah di ketinggian Baturraden tersebut.

Pancuran Pitu Dan Pancuran Telu Baturraden

Pancuran Pitu Dan Pancuran Telu Baturraden ini terbentuk akibat adanya aliran air panas yang bersuhu hingga 70 derajat celcius yang berasal dari Gunung Slamet.

Aliran air panas tersebut dapat membentuk cekungan yang menyerupai air terjung yang memiliki jumlah tujuh buah, sehingga dapat disebut dengan pancuran pitu. Kandungan air panas tersebut juga mengandung belerang yang dapat dipercaya membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Para wisatawan juga dapat menikmati sensasi beredam dengan menggunakan air panas sambil menyaksikan berbagai pemandangan pegunungan yang indah. Namun, anda tidak dianjurkan berendam lebih dari 15 menit agar kesehatan anda tidak terganggu.

Peringatan tersebut ditulis dalam sebuah papan area tersebut. Nikmati juga pijat sulfur yang tersedia di sekitar area pemandian dengan membayar sebesar Rp. 7.500 selama 15 menit.

Telaga Sunyi Baturraden

Telaga Sunyi merupakan mata air jernih di Baturraden. Suasananya yang hening serta sunyi sesuai dengan namanya. Tempat ini dapat digunakan tempat refreshing yang menyenangkan dan tidak jauh dari keramaian.

Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden

Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden merupakan sebuah wisata edukasi yang nyaman bagi anak-anak. Berbagai jenis binatang seperti buaya, ular, orang hutan, landak, cendrawasih, monyet, gajah dan satwa lainnya ada dalam kawasan tersebut. Ada juga sebuah museum yang dapat digunakan sebagai penyimpanan satwa langka lainnya yang dapat dilihat.

Teater Alam Baturaden

Tepat pada pintu masuk Baturraden anda akan menemukan sebuah peswat terbang milik Garuda Indonesia. Jika ingin merasakan sensasi menonton yang berbeda, masuknya ke dalam pesawat tersebut. Anda dapat melihat film beruba berbagai kekayaan alam di Indonesia sekitar 10-15 menit. Seperti peristiwa meletusnya Gunung merapi atau cerita budaya TMII.

Fasilitas Yang Tersedia Di Baturaden

Wisata Baturraden memang sudah cukup dikenal oleh berbagai masyarakat sehingga hotel dan penginapan dengan berbagai fasilitas yang memadai sudah tersedia di kawasan Baturraden.

Jika anda senang dengan kegiatan outbond, kawasan ini juga mempunyai camping ground yang aman dan nyaman digunakan. Anda dapat mendirikan sebuah tenda di Wana Wisata yang merupakan hutan hijau untuk kemah dengan keluarga. Hutan tersebut masih alami dengan udara yang sejuk dan segar membuat suasana lebih menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Di Baturraden

Harga tiket masuk untuk wisata Baturraden akan dikenakan biaya sebesar Rp. 14.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan berbagai fasilitas umum seperti kolam renang, papan seluncur, cascadane dan sepeda air.

Sedangkan untuk pancuran telu dan pitu sendiri dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 dan masuk theater sebesar Rp. 5.000. Wisata Baturraden ini buka mulai pukul 06.00 hingga 17.00. Baturraden sendiri menawarkan berbagai fasilitas yang mewadai.