Pantai Plengkung merupakan sebuah pantai yang dikenal dengan sebutan G Land jika dilihat dari atas, bentuk pantai ini berupa gugusan yang membentuk huruf G. Oleh karena itu, pantai ini disebut dengan G Land. Namun ada juga beberapa sebab pemberian nama G Land sendiri. Pantai Plengkung ini dekat dengan sebuah teluk yaitu teluk Grajagan.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang suka melakukan petualangan. Kawasan yang masih sejuk dan jalan menuju pantai ini masih alami yang dapat anda jadikan sebagai tracking. Lelah dengan perjalanan anda menuju lokasi, maka rasa penat tersebut akan hilang ketika sampai di kawasan pantai yang sangat eksotis dengan keindahan ombaknya tersebut.

Keunikan Pantai Plengkung G Land

Ombak di Pantai Plengkung ini memiliki 3 tingkatan. Pada tingkat profesional dapat berselancar dalam ketinggian ombak hingga 6-8 meter. Tingkat yang sedang ada ombak dengan ktinggian hingga 5-6 meter. Sedangkan pada tingkat pemula ombaknya hingga 3-4 meter. Berikut keunikan dari Pantai Plengkung G Land:

Salah Satu Tempat Surfing Di Indonesia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Pantai Plengkung tersebut merupakan salah satu surga para surfing. Bukan hanya wisatawan lokal saja namun juga para wisatawan mancanegara datang untuk menikmati keindahan pantai tersebut dan melakukan kegiatan surfing.

Yang perlu diketahui yaitu angin lepas pantai yang berhembus di kawasan pantai ini terjadi pada bulan April dan September. Hal tersebut mengakibatkan ombak besar terjadi pada bulan tersebut. Gelombang yang datang akan cenderung lebih besar dan lebih baik pada saat laut pasang, jadi waktu yang paling baik untuk surfing yaitu seminggu setelah bulan purnama atau bulan baru.

Kawasan Pantai Plengkung Masih Alami

Kawasan wisata Pantai masih terasa alami, berbeda dengan beberapa tempat surfing lainnya yang memiliki background gendung tinggi dan disini backgrounnya yaitu hutan yang lebat. Hal tersebut karena Pantai Plengkung sendiri berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Perjalanan saat menuju pantai tersebut melewati jalanan yang masih dalam keadaan alami dan tidak diaspal, lokasinya yang terpencil, bebas dari polisi serta tidak banyak orang. Ini merupakan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai G Land Memiliki Tiga Warna

Selain bagus bagi para pecinta surfing, jika dilihat dari laut, pantai tersebut mempunyai tiga kombinasi warna, yaitu warna biru, warna putih, dan warna hijau. Hal tersebut merupakan sebuah pemandangan yang eksotis dan berbeda dari pantai yang ada di Hawaii atau Bali.

Rute Yang Menantang Untuk Para Petualang

Bagi para pecinta petualangan, trekking menuju Pantai Plengkung menjadi salah satu tantangan tersendiri, karena rute perjalanannya yang cukup menantang. Apalagi jika mengambil jalus Pos Perhutani menuju pantai tersebut yang menghabiskan waktu hingga 1,5 jam. Jika anda beruntung, anda akan bertemu dengan berbagai hewan langka yaitu banteng, monyet liar, burung merak dan berbagai jenis binatang lainnya.

Mata Air Awet Muda

Untuk keunikan ini anda boleh percaya atau tidak. Namun jika anda ingin berkunjung ke pantai tersebut dengan melewati Taman Nasional Alas Purwo maka anda akan menemukan beberapa Goa yang dapat dikunjungi para wisatawan. Salah satunya yaitu bernama Goa Istana yang memiliki sumber mata air yang bernama Sendang Srengenge. Para masyarakat sekitarnya percaya bahwa mata air tersebut dapat berkhasiat dapat membuat awet muda.

Lokasi Taman Plengkung G Land

Pantai Plengkung berada di bagian tenggara pulau jawa. Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.