Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu objek wisata favorit yang hits saat ini. Tempat wisata tersebut memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Selain itu di kawasan tersebut para wisatawan juga dapat menaiki kuda, melukis, mendaki, menggambar dan masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan di Kawah Putih ini.

Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata yang merupkan sebuah danau terbentuk akibat adanya letusan Gunung Patuha yang terletak di ketinggian hingga 2.090 meter diatas permukaan air laut. Nama Patuha ini berasal dari kata Sepuh yang berarti Pak Tua. Kemudian berubah menjadi Patuha.

Panaroma Keindahan Kawah Putih Ciwidey

Panaroma alam yang disuguhkan Kawah Putih ini memang sangat mempesona. Sejauh mata memandang para wisatawan akan melihat hamparan tanah yang mempunyai warna putik layaknya salju di musim semi. Namun mengingat kandungan belerang di lokasi tersebut sangat tinggi, sehingga disarankan untuk mengenakan masker agar tidak keracunan.

Tidak hanya itu, para wisatawan juga tidak boleh berlama-lama untuk berada di sekitar kawah, karena menurut beberapa ahli akan menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Sebagai gantinya, para wisatawan dapat mengirup udara yang segar di kaki Gunung Patuha. Selain itu, juga disarankan menggunakan sunblock karena kawasan tersebut begitu panas dan menyengat.

Setiap harinya kawasan Kawah Putih ini tidak pernah sepi oleh para pengunjung. Karena memiliki keunikan dan banyak para calon pengantin melakukan pre-wedding di kawasan tersebut. Dengan latar belakang danau yang indah, kamu dan pasangan kekasih dapat mendapatkan gambar yang indah. Salah satu spot foto yang banyak digunakan yaitu area danau, dimana terdapat sebuah bukit kecil serta pepohonan tanpa daun.

Sesuai dengan namanya, wisata tersebut merupakan sebuah danau yang berwarna putih yang nampak indah. Ketika mengunjungi danau tersebut, para wisatawan akan serasa dibawa ke dalam negeri dongeng. Karena tempatnya sama seperti latar yang ada di dalam dongeng.

Dengan pemandangan air yang putih dengan kabut yang begitu tebal semakin menambah keindahan dari Kawah Putih tersebut. Apalagi kawasan ini dikelilingi oleh berbagai pepohonan mati. Pemandangan ranting pohong kering membuat tempat ini bak di negeri dongeng.

Ada sesuatu yang unik dari objek wisata ini yaitu airnya dapat berubah warna. Pada saat matahari meredup, maka airnya akan berubah menjadi warna kecoklatan sedangkan saat matahari menyinari kawah maka airnya akan berubah menjadi warna hijau kebiruan. Hawa dingin yang ada di lokasi tersebut cocok digunakan para wisatawan yang mencari suasana baru. Terutama bagi mereka yang memiliki tempat tinggal berhawa panas. Dengan mengunjungi wisata ini, kamu akan menjadi lebih rileks dan dapat menikmati pemandangan sejuk dan damai.

Fasilitas Di Kawah Putih Ciwidey

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah
  • Pusat informasi
  • Restoran dan warung makanan
  • Toilet

Harga tiket masuk (HTM) Kawah Putih Ciwidey

Para wisatawan yang ingin mengunjungi Kawah Putih Ciwidey cukup dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 15.000 saja untuk menikmati keindahan alam Kawah Putih ini. Sedangkan bagi para wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya tiket masuh 2x lipat dari para wisatawan lokal yakni Rp. 30.000.

Di kawasan ini juga membutuhkan bantuan transportasi untuk dapat sampai ke Kawah Ciwidey dengan biaya Rp. 10.000/orang. Anda dapat menggunakan transportasi ontang anting yang disediakan untuk pulang pergi ke puncaknya. Tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Lokasi Kawah Putih Ciwidey

Objek wisata Kawah Putih Ciwidey ini berada di Jl.Ciwidey
Lebakmuncang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.