Purwakarta memang menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang ada di darah Jawa Barat. Mengingat banyaknya kawasan wisata yang menarik dilokasi tersebut. Purwakarta mempunyai banyak kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Taman Air Mancur Sri Baduga. Wisata yang memiliki konsep tampilan menarik.

Objek wisata tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan anda. Keindahan wisata ini sangatlah baik bagi anda semua. Objek wisata yang mempunyai daya tarik tersendiri dan sayang jika dilewatkan.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman wisata air mancur ini menjadi salah satu incaran bagi para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal namun juga para wisatawan mancanegara yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Apalagi banyak yang mensejajarkan objek wisata ini dengan Time of Wings Singapura. Bahkan ada yang tidak percaya dengan keunian dan kehebatan melebihi taman air Singapura tersebut.

Taman air ini dibangun secara bertahap yaitu tahap 1 dan 2. Setelah selesai akhirnya objek wisata ini resmi menjadi taman wisata air mancur terbesar di Asia Tenggara. Dalam peresmian yang ke 2, wisata ini sudah dilengkapi dengan adanya air mancur yang dapat menari hingga ketinggian 6 meter. Selain itu juga terdapat papan dengan bentuk T di area tengah danau. Papan tersebut ditunjukan untuk pementasan tari yang ditampilakan dengan pertunjukan air mancur. Hal tersebut berguna untuk menarik perhatian para wisatawan dengan sorotan lampu laser untuk memberikan pertunjukan yang maksimal.

Keindahan Taman Air Mancur

Kawasan ini dulu dikenal dengan nama Taman Situ Buleud. Tempat wisata yang awalnya digunakan sebagai tempat olahraga pagi. Selain itu juga digunakan untuk masyarakan yang ada di Purwakarta untuk duduk bersantai.

Saat ini Sri Baduga telah menjadi salah satu air mancur yang memiliki bentuk dan tampilan mirip dengan Danau Burj Khalifa, Uni Emirat Arab, Dubai. Taman air mancur tersebut memiliki 100 pipa dimana mempunyai berbagai fungsi untuk memancarka air hingga ketinggian 10 meter. Pipa tersebut mengelilili dan memenuhi area taman yang luasnya hingga 2 hektar. Disekitar taman tersebut juka muncul kerlap-kerlip dan paduan warna yang sangat menarik dan cantik. Selain itu juga ditambah dengan musih untuk membuat pertunjukan menjadi lebih menarik. Apalagi para pengunjung tidak dipungut biaya untuk menyaksikan dan menikmati pertunjukan air mancur.

Jadwal Pertunjukan

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati pertunjukan air mancur tersebut disarankan untuk mengatur waktu. Pasalnya menjelang pertunjukan dimulai, objek wisata tersebut dipenuhi oleh para pengunjung. Pertunjukan air mancur tersebut digelar pada hari Sabtu malam mulai dari jam 19.30 WIB hingga jam 22.30 WIB. Sangat wajar jika pertunjukan tersebut akan dipenuhi oleh para turis.

Jika hanya ingin menikmati suasana taman, ada dapat mengunjungi wisata ini mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Sedangkan saat malam hari atau sore hari dibuka mulai pukul 16.00-20.00 WIB.

Fasilitas Di Taman Air Mancur Sri Baduga

Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini sudah memadai. Di sini terdapat berbagai macam fasilitas. Mulai area parkir yang luas hingga berbagai fasilitas lainnya.

Untuk tempat beribadah seperti mushola sudah disediakan. Begitu juga dengan toilet umum juga ada di lokasi tersebut. Di sini juga terdapat jalur khusus untuk warga yang ingin berolahraga lari atau jogging. Untuk menikmati pertunjukan air mancur, sudah disediakan tempat duduk bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan pertunjukan air mancur.

Lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga

Tempat wisata ini berada di Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.