Jawa Timur merupakan primadona wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal maupun internasional. Setelah Malang dan Batu, kota Banyuwangi juga mempunyai potensi wisata yang keren untuk dilewatkan. Ada banyak sekali berbagai tempat wisata di Banyuwangi yang mempesona. Salah satunya yaitu wisata Kawah Ijen yang menyajikan keindahan Blue Fire.

Kawah Ijen merupakan salah satu objek wisata yang dikenal luas oleh berbagai wistawan domestik maupun asing. Setiap harinya Kawah Ijen tidak pernah sepi dari para pengunjung. Pada saat hari biasa para pengunjung wisata tersebut hanya ratusan orang, namun ketika hari libur dapat mencapai hingga ribuan orang. Bahkan pada saat momen tertentu, seperti tahun baru, pengunjungnya dapat mencapai 4 ribu lebih.

Wisata Kawah Ijen

Dengan ditetapkannya Gunung Ijen ini sebagai cagar biosfir oleh UNESCO, maka dapat dipastikan wisata ini akan mendunia dan mendatangkan para wisatawan dari berbagai dunia. Kawasan wisata Kawah Ijen ini masuk didalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang memiliki luas hingga 2.560 hektare. Kawasan tersebut termasuk hutan wisata dengan luas hingga 92 hektare. Kawah Ijen sendiri berada di puncak Gunung Ijen. Gunung ijen merupakan gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian hingga 2,443 mdpl diatas permukaan air laut yang berdampingan dengan Gunung Raung serta Gunung Merapi.

Kawah Ijen sendiri merupakan sebuah danau yang ada di atas Gunung Ijen yang terbentuk akibat letusan Gunung Ijen, sehingga membuat kawah tersebut dipenuhi dengan air yang membentuk sebuah danau dengan kawah yang sangat menakjubkan. Salah satu yang menarik dari kawah tersebut yaitu berda di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa. Kawah tersebut berukurah hingga 960×600 meter dengan kedalaman hingga 200 meter. Kawah tersebut berada di kedalaman lebih hingga 300 meter dibawah dinding kaldera.

Kawah Ijen merupakan sebuah kawah yang paling asam di dunia. Kawah tersebut memiliki tingkat keasaman hingga mendekati nol, sehingga dapat melarutkan tubuh manusia secara cepat. Namun, dibalik itu, kawah tersebut menyajikan berbagai keindahan pesona yang menakjubkan.

Pesona Kawah Ijen

Kawah Ijen sangat indah apabila dilihat dari atas Gunung Ijen. Kawah tersebut merupakan sebuah danau yang sangat besar, memiliki warna hijau kebiruan dengan kabut serta asap belerang yang sangat indah.

Selain itu, udara dikawasan tersebut dingin dengan suhu hingga 10 derajat celcius, bahkan dapat mencapai hingga suhu 2 derajat celcius. Hal tersebut akan menambah sensasi tersendiri bagi para pengunjung. Berbagai tanaman yang hanya ada di dataran tinggi dan dapat di temukan yaitu Bungan Edelweis dan Cemara Gunung.

Pada saat pagi hari, ketika matahari menyinari sekitar kawasan tersebut, pemandangan yang indah dapat dinikmati. Kawah Ijen yang mempunyai warna hijau kebiruan dan ditambah dengan cahaya matahari yang berwarna keemasan yang memantul di Kawah Ijen tersebut.

Selain itu, terdapat fenomena lain yang terdapat di Kawah Ijen yang tidak boleh dilewatkan yaitu melihat Blue Fire atau Api Biru yang akan muncul di tengah-tengah penambangan sulphur. Fenomena tersebut dapat dilihat pada dini hari hingga pukul 05.00 WIB. Fenomena Blue Fire ini hanya ada di dunia, selain di kawasan Ijen hanya ada di Islandia saja. Maka tak heran jika keberadaan Blue Fire tersebut banyak diburu oleh para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen

Jika anda ingin menikmati keindahan wisata Kawah Ijen dan Blue Fire, berikut harga tiket masuknya:

  • Wisatawan Domestik : Rp. 5.000 untuk hari biasa dan Rp. 7.5000 untuk akhir pekan
  • Wisatawan Mancanegara : Rp. 100.000 untik hari biasa dan Rp. 150.000 untuk akhir pekan

Lokasi Wisata Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen berada di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur,