Berwisata sambil menguji adrenalin kita merupakan kegiatan yang paling mengasyikkan dan akan menjadi kenangan yang tak pernah terlupakan. Jika anda belum pernah berwisata sambil menguji adrenalin, Anda bisa mencoba datang ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Sebab di Purwakarta ini ada wisata yang sangat menguju adrenalin yaitu panjat tebing. Olahraga panjat tebing memang harus dilakukan oleh seseorang yang sudah profesional, akan tetapi dapat dinikmati siapa saja termasuk para pemula. Terlebih jalur dilintasi yaitu jalur yang sudah disediakan berbentuk pijakan seperti tangga besi yang ditanam pada dinding tebing.

Kegiatan panjat tebing di Gunung Parang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini semakin banyak diminati. Hingga sekarang ini lokasi panjang tebing itu dinilai sebagai satu-satunya dari sekian banyak tempat panjat tebing yang ada di Indonesia bahkan dunia. Panjat tebing di Gunung Parang juga sangat cocok untuk semua usia. Sebab tak hanya untuk olahraga, tempat itu bisa dijadikan sebagai wisata alternatif sebab menyajikan pemandangan alam yang sangat eksotis.

Lokasi Panjat Tebing Gunung Parang

Tempat eksotis ini, lokasinya berada di Kampung Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru. Tempat ini termasuk sebuah gunung batu andesit yang berdiri tegak menjulang ke langit. Tempat wisata ini‎, sangat cocok sekali untuk mereka pecinta panjat tebing.

Apabila diamati dari jauh, Gunung ini sekilas mirip sebuah monumen batu raksasa. Untuk gunung batu berwarna hitam ini tingginya sekitar 1.000 meter dari permukaan tanah. Keunikan yang dimiliki oleh gunung ini yakni memiliki dinding bebatuan yang hampir tegak lurus. Dapat dikatakan, hampir mirip dengan Yosemite yang ada di Amerika maupun Trango Tower yang ada di Pakistan.

Aktivitas Yang Dilakukan Di Gunung Parang

Selain dapat menikmati suasana alam yang masih asri, wisatawan yang berkunjung di lokasi ini bisa sekaligusmenguji adrenalinnya.‎ ‎Maka, tak heran jika sejak dibuka pada 1981 lalu, gunung parang ini selalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan, sampai sekarang ini gunung batu itu masih memperoleh perhatian serius dari pecinta panjat tebing, entah itu lokal atau dari luar negeri.

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini sebaiknya mempersiapkan nyali yang besar. Karena, gunung yang akan mereka panjat ini punya kemiringan yaitu 90 derajat.Dengan demikian, tantangan untuk memanjatnya juga cukup tinggi. Sehingga ketika memanjat gunung batu ini adrenalin anda akan diuji.

Tak hanya kativitas manjat tebing, disini pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam lainnya. Selain itu, para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan berkemah pada lokasi ini. Sebab, kaki Gunung Parang ini termasuk tanah lapang yang luas.Dengan demikian, sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah.

Di lokasi ini, para pengunjung juga bisa melihat keindahan panorama Waduk Jatiluhur dan juga pemandangan perkampungan yang ada di sekitarnya dari atas tebing. Para pengunjung pastinya akan terpesona melihat keindahan di bawahnya.

Bahkan di lokasi ini pun juga sudah disediakan peralatan dan juga beberapa fasilitas untuk memanjat. ‎Tak hanya itu, di lokasi ini juga telah disiapkan petugas khusus guna memandu para pemanjat pemula untuk menuju puncak Gunung Parang.

‎Sekarang ini, Gunung Parang telah menjadi destinasi wisata yang sangat disukai dan banyak dicari di Purwakarta. Terlebih lagi, pemerintah setempat juga sudah melakukan penataan di lokasi ini. Untuk warga yang hendak mencoba berwisata alam sembari menguji adrenalin, mungkin bisa mencoba tempat wisata yang eksotis ini. Berkunjung di wisata panjat tebing Gunung Parang ini akan memberikan anda pengalaman yang mengesankan.